Setelah Jacko, Kini Harry Potter ‘Sebarkan’ Malware

28 Juni 2009

Cyber criminal telah menggunakan film Harry Potter untuk mendistribusikan malware. Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari vendor PC Tools. Menurut PC Tools, hacker telah menggunakan taktik lama di SEO (Search Engine Optimisation) Black Hat untuk menginfeksi user agar user men-download film Harry Potter sebelum film di-filter. Criminal meletakkan link yang mengarah ke situs ‘jahat’ di area blogosphere, dibarrengi dengan text untuk menarik simpati user, seperti “Watch Harry Potter” dan “Half-Blood Prince online free”.

Link tersebut kemudian membawa user ke situs blog lain, dengan membawa gambar film dan link lebkih banyak lagi. Bagaimanapun, menurut PC Tools, dengan mengklik link tersebut akan mengarahkan user langsung ke sebuah situs dan mendorong user untuk men-download kemudian menginstal sebuah streamviewer, yang juga hanya malware. PC Tools memprediksikan bahwa taktik tersebut akan digunakan di jaringan peer-to-peer dan jaringan sharing file lainnya.


Serangan manipulasi SEO Black Hat telah menjadi jalan biasa yang digunakan penulis malware di event yang besar untuk menyebarkan malware. Hacker akan meluncurkan malware film Harry Potter ini segera setelah berita kematian actor Heath Ledger, dan sebelumnya juga telah dikirimkan satu hari setelah diumumkannya kematian Farrah Fawcett dan penyanyi Michael Jackson.(


2 komentar

Posting Komentar