Pebisnis yang berfikir besar.

03 Agustus 2009

Anda mau mendapatkan hasil besar? Langkah pertamanya ialah kita harus memiliki pikiran yang besar. Banyak orang yang mengatakan bahwa kita harus berpikir besar, namun seperti apakah berpikir besar itu? Lalu bagaimana caranya agar kita bisa berpikir besar.

1. Melihat gambaran besar. Orang yang berpikir besar adalah mereka yang melihat suatu masalah dalam gambaran besar. Sesekali, memang kita harus melihat dan menguasai hal detil, namun itu pun dilakukan untuk memperbaiki gambaran besar objek yang kita lihat. Orang yang berpikir besar, tidak akan terjebak oleh hak kecil atau teknis.

2. Digerakan oleh gairah. Bukan suasana hati, bukan uang, bukan orang lain, bukan kondisi, bukan pula peristiwa. Pemikir besar akan digerakkan oleh apa yang membuatnya bergairah dalam menjalankan bisnis.

3. Tetap Terfokus. Mereka tahu apa yang penting dilakukan dan fokus pada hal-hal yang penting saja. Biasanya hanya 20% dari apa yang kita lakukan selama ini.

4. Selalu bertindak. Tidak pernah berhenti jika menghadapi suatu masalah. Hambatan melakukan sesuatu, sebenarnya hanya hambatan dari satu bagian dari mimpi besar kita, bukan hambatan untuk keseluruhan mimpi. Jika satu bagian ada hambatan, dia akan mencari solusi dan juga melakukan bagian lainnya.

5. Mau mendelegasikan. Dia fokus pada hal-hal besar dan penting, maka pekerjaan lainnya didelegasikan kepada orang lain.

6. Meminta bantuan. Dia tahu, bahwa dia tidak tahu dan tidak bisa segalanya. Maka dia akan meminta bantuan baik dari mentor, pelatih, mastermind, dan mitra kerja sama. Dia tidak akan takut untuk berinvestasi dan tersaingi.

7. Mencari hidup yang lebih besar. Bukan materi semata yang dikejar, tetapi kehidupan yang lebih besar, yaitu kehidupan yang seimbang akhirat dan dunia. Dunia pun, bukan hanya mengejar harta kekayaan semata, tetapi juga kesehatan, relasi, dan keluarga.


0 comments

Posting Komentar