Intel dan AMD Dituduh Perlambat Akses Facebook

26 Juni 2009

Walaupun Facebook tidak bermaksud menyaingi Google dan membangun servernya sendiri, Facebook tetap frustrasi dengan box server x64 miliknya. Berbicara soal konferensi Structure 09 di San Fransisco kemarin, wakil presiden oprasi teknis Facebook, Jonathan Heiliger, pertama kali mengekspresikan kekecewaannya dengan pembuat chip Intel dan AMD, dan kemudian vendor server untuk urusan infrastruktur server milik Facebook.

Tentu saja, Facebook kemudian tidak akan menggunakan system generasi sebelumnya.Namun, situasi dimana performance yang ditawarkan vendor chip Intel dan AMD yang tidak menunjukkan kualitas yang baik, telah membuat stack Facebook sulit dikustomisasi. Coding stack Facebook tersebut dibuat dari bahasa PHP dan mengunakan memcached sebagai cache store temporer untuk data halamannya, dan MySQL sebagai penyimpanan permanen untuk data di balik cache server. Atau lebih mudahnya, terdapat keterbatasan software open source Facebook yang digunakan untuk menjalankan situs Facebook.

Baik MySQL dan memcached sebenarnya tidak begitu bagus untuk skala di banyak core dan thread. Oleh karena itu, banyak vendor yang kemudian mengeluarkan memcached versi multithread, dan Sun Microsystems juga mengungkapkan bahwa MySQL 8.4 atau MySQL 5.4 akan kompatibel dengan skala 16 processor thread, sementara MySQL 5.1 hanya membutuhkan 4 thread. Dengan 2 socker box x64 memiliki 12 thread untuk satu chip Istanbul Opteron, dan 16 thread untuk Nehalem EP Xeon, masih tetap saja berjalan lambat di cache dan database Facebook, menurut Heiliger. Menurut Heiliger, software Facebook tidak bisa menggunakan thread di atas.

“Saya tidak yakin mengapa vendor server telah membuat kami kecewa. Namun, sebenarnya kami lebih puas bila ada vendor server yang bisa mendesain server untuk customer skala sangat besar seperti Facebook yang diakses oleh puluhan ribu titik dalam waktu yang sama.“ ungkap Heiliger. Mengikuti ulasan dari Heiliger, tampaknya Facebook memiliki 2 pilihan, membeli server x64 lebih banyak dan membuat skala besarnya untuk open source, atau mendesain mesin sendiri untuk memberikan performance terbaik per watt dengan kode yang ada.(h_n)

0 comments

Posting Komentar