Wasit Swiss Pimpin Final Liga Champions

25 Mei 2009

Massimo Busacca resmi ditunjuk UEFA sebagai wasit pemimpin pertandingan final Liga Champions 27 Mei 2009 mendatang di Roma Italia.

Busacca yang berasal dari Swiss namun berdarah Italia akan ditemani dua rekannya, Matthias Arnet dan Francesco Buragina, sebagai hakim garis. Sedangkan utuk official keempat, terpilih rekan yang juga berasal dari Swiss Claudio Circhetta.


Seperti dilansir harian The Guardian, Senin 25 Mei 2009, Busacca sudah berpengalaman dalam beberapa partai besar. Termasuk final Piala UEFA tahun 2006 antara Espanyol dan Sevilla. Semifinal Euro 2008 antara Jerman dan Turki serta babak kedua Piala Dunia 2006 yang mempertemukan Argentina dan Meksiko.

Musim ini sendiri, Busacca sudah pernah memimpin pertandingan yang melibatkan salah satu finalis, Manchester United saat perempat final leg kedua Liga Champions melawan FC Porto.

Pengalaman inilah yang jadi alasan utama terpilihnya Busacca. Pasalnya secara keseluruhan, ia sudah memimpin 33 pertandingan Liga Champions. UEFA tidak mau kecolongan lagi dengan tuduhan 'tidak profesional' seperti yang terjadi saat menunjuk wasit Tom Henning Ovrebo pada semifinal Leg dua antara Chelsea vs Barcelona.

Saat itu, Ovrebo dicaci pihak Chelsea karena beberapa keputusan kontroversialnya. Akibat insiden itu beberapa pemain the Blues dikenai sanksi termasuk striker Didier Droga. Namun dari pihak UEFA sendiri tidak mengakui kelemahan dari Ovrebo. Otoritas tertinggi sepakbola Eropa itu malah meminta Ovrebo tidak memberi keterangan apa pun pada media massa.

0 comments

Posting Komentar